• Breaking News

    Laporan Kesiapan Dukungan Gerakan Pramuka untuk Mudik Lebaran 2022

     Kwartir Nasional Gerakan Pramuka dalam hal ini diwakili oleh Kak Mayjen TNI (Purn) Dr. Bachtiar Utomo, SIP., MAP selaku Sekretaris Jenderal menyampaikan paparannya terkait dukungan Gerakan Pramuka untuk Mudeik Lebaran 2022.

    Paparan disampaikan dalam Rapat Koordinasi Arus Mudik / Balik Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang digelar oleh Kementerian Kesehatan yang dihadiri peserta dari lintas program, lintas sektor, kantor kesehatan pelabuhan, dinas kesehatan kabupaten/kota, serta dinas kesehatan provinsi seluruh Indonesia, Senin (18/04/2022) secara virtual.

    Pada kesempatan tersebut, Kak Bachtiar membagi uraiannya menjadi 4 sub bagian, yaitu pengantar, potensi Gerakan Pramuka, Perat Serta Pramuka dalam arus Mudik, serta Karya Bakti Lebaran Tahun 2022.

    Usai memberikan pengantar dan potensi yang ada dalam Gerakan pramuka, Kak Bachtiar mencontohkan beberapa kegiatan atau aksi Pramuka seperti, membantu pengamanan arus lalu lintas, membantu penanganan medis, berbagi takjil, berbagi sembako, serta membantu pemudik.

    Disampaikan bahwa dalam Karya Bakti Lebaran tahun 2022 ini, dalam kaitannya dengan Program Pramuka Peduli Kemanusiaan, selain aksi-aksi yang telah dilakukan sebelumnya pramuka secara khusus akan membantu reportase berjaringan, dan pramuka menolong.

    “Karya Bakti Lebaran Tahun 2022 akan dimulai H-7 sampai dengan H+7 di seluruh Indonesia meliputi Pelabuhan, Bandara, Stasiun, Terminal, serta Jalan Utama (lokasi tertentu),” ujar Kak Bachtiar.

    Lebih lanjut dijelaskan bahwa Pos Induk bertempat di gedung Kwarnas, Jln. Medan Merdeka Timur No. 6, Jakarta Pusat dengan pelibatan secara langsung Satgas Pramuka Peduli Penanggulangan Covid-19 dan Satgas Karya Bakti Lebaran yang akan berkeliling ke lokasi-lokasi tertentu.

    “Misalnya Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Pelabuhan Tanjung Priok, Pelabuhan Merak, Terminal Pulo Gadung, Bandara Soekarno Hatta, dan lain-lain,” terangnya.


    Kegiatan tersebut, sambung Kak Bachtiar akan diikuti oleh Pramuka Penegak, Pramuka Pandega, dan Anggota Dewasa yang bersinergi dengan mitra Gerakan Pramuka seperti Kementerian dan Lembaga Pemerintah, Organisasi Lain, serta pihak Swasta.

    Pada kesempatan rapat koordinasi tersebut, Kak Bachtiar juga menyampaikan usulan, antara lain, adanya pos kesehatan terpadu dengan pelibatan Saka terkait, sinergitas dan kolaborasi bersama tim khusus; adanya dukungan seperti peralatan, perlengkapan, maupun fasilitas kesehatan standar; serta penghargaan bagi personil yang terlibat.

    Di akhir paparannya, Kak Bachtiar menyampaikan sebuah kata-kata semangat, “Kami melakukan kebaikan, bukan karena kami hebat. Kami melakukan kebaikan, karena kami peduli. Kami melakukan kebaikan, karena kami telah berjanji.”

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    INOVASI DAN TEKNOLOGI KWARCAB SUBANG
    ABDIMAS KOMINFO DIVITION