• Breaking News

    Saka Adhyasta Pemilu Resmi Dikukuhkan

    Inovasi pengawasan pemilu terus dilakukan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang. Seperti saat hajat demokrasi Pilkada Serentak beberapa waktu lalu, Bawaslu Kabupaten Subang menggandeng Pramuka agar turut serta berpartisipasi dalam pengawasan pemilu.

    Namun bedanya kali ini Bawaslu Kabupaten Subang mematenkan konsep tersebut dengan dikukuhkanya Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu Pramuka Kabupaten Subang.

    Pengukuhan pengurus Saka Adhyasta tersebut dilakukan langsung secara resmi oleh Ketua Kwarcab Pramuka Kab. Subang H.Cecep Supriatin di Aula Hotel Lotus Jalan Mayjen Suprapto, Subang, Selasa (16/10/2018) sore.

    Ketua Bawaslu Kabupaten Subang, Parahutan Harahap mengaku gembira dengan terbentuknya Saka Adyasta Pemilu karena sesuai isi Dasa Darma salah satunya suci dalam pemikiran, perkataan  dan perbuatan.

    Apalagi Pramuka memiliki jenjang kaderisasi yang jelas sampai ke tingkat ranting. Mereka adalah organisasi yang aktif di bidang pembinaan mental generasi muda serta anggotanya didominasi oleh kaum pelajar.

    Kondisi ini yang membuat kita tertarik untuk menggandeng Pramuka agar memiliki partisipasi dalam hal pengawasan pemilu, khususnya di Pileg dan Pilpres 2019 mendatang. Mereka pun sudah pasti harus diberikan pendidikan politik kepada para pemilih pemula, terutama sosialisasi soal peraturan pemilu.

    “Nantinya bisa mengetahui dan memahami mana yang boleh dan yang tidak boleh dilakukan, mana yang tidak boleh dilanggar dan lain sebagainya,” ungkap H.Parrahutan.

    Selain itu, kata Parrahutan Bawaslu Kabupaten Subang juga akan melatih para kader Pramuka tentang prosedur atau cara penanganan jika terjadi pelanggaran pemilu.

    “Nanti akan disampaikan kepada kader Gerakan Pramuka sehingga kami juga terbantu oleh mereka,” katanya.

    Sementara itu Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Subang Cecep Supriatin nenuturkan dibentuknya Saka Adhyasta Pemilu Gerakan Pramuka Kabupaten Subang ini jadi bukti bahwa Pramuka mendapatkan kepercayaan yang dilibatkan dalam kegiatan penyelenggaraan pemilu yang sehat, bersih dan berwibawa.

    “Pramuka dilibatkan langsung dalam pengawasan Pemilu dan Pilpres 2019. Ini bukti kepercayaan kepada Pramuka,” kata Cecep.

    Turut hadir dalam pengukuhan saka adhyasta ini Plt Bupati Subang H.Ating Rusnatim beserta tamu undangan lainnya.

    Adapun susunan pengurus pimpinan Satuan Karya (Saka) Adhyasta Pemilu Pramuka Kabupaten Subang masa bakti 2018 – 2023

    Ketua : H.Dally Kardilan ThR
    Wakil Ketua Bid.Kegiatan : H.Otong Wiranta SP MM
    Wakil Ketua Bid.Keuangan : Euis Yuliawati S.Sos MS.i
    Sekertaris : Y. Milo Rudiyana SE
    Wakil Sekertaris : Juju Juhariah
    Bendahara : Theresia Dwi S. S Hut

    Instruktur Krida/Anggota :

    Krida Pengawasan Pemilu : Apen A Jaelani SPd.i, Iin Lenaeni SP.d, Imas Suhaedah SP.d.

    Krida Pencegahan Pelanggaran Pemilu : Dedi Sumantri SPd MS.i, Dedi Rahmat Firdaus, Heru Budiono SP. MP.

    Krida Penanganan Pelanggaran Pemilu : Lilis Pelitian SH.MM, Drs Tatang Rusbi Nenggala, dan Muhamad Sahlim SP.d.

    Red : Galih Andika/Lampusatu

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    INOVASI DAN TEKNOLOGI KWARCAB SUBANG
    ABDIMAS KOMINFO DIVITION