• Breaking News

    Musyawarah Gugus Depan 07.211-07.212 Pangkalan SMK LPPM Ciasem tahun 2023



    Gugus depan merupakan kesatuan organik terdepan dalam gerakan pramuka dengan bersendikan sistim among, dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan untuk mencapai tujuan gerakan pramuka.

    Gugus depan memiliki tujuan dan sasaran antara lain : menanamkan dan menumbuhkan budi pekerti yang luhur dengan cara memantapkan mental, moral, spiritual, emosional, sosial, intelektual, fisik, pengetahuan, keterampilan dan memperkaya pengalaman melalui kegiatan.

    Forum tertinggi gerakan pramuka didalam gugus depan adalah mugus yaitu musyawarah gugus depan. Musyawarah gugus depan diadakan sekali dalam 2 (dua) tahun.

    Sedangkan acara pokok mugus terdiri dari :

    Penyampaian, pembahasan dan pengesahan pertanggungjawaban ketua gugus depan selama masa bakti termasuk pertanggungawaban keuangan.

    Penyampaian, pembahasan dan pengesahan rencana kerja gugus depan untuk masa bakti berikutnya, memilih ketua gugus depan untuk masa bakti berikutnya.

    Pada kesempatan ini Gudep 07.211-07.212 Berpangkalan di SMK LPPM melaksanakan Musyawarah Gugus Depan, kegiatan di awali upacara pembukaan yang dihadiri oleh Ketua Kwrran Ciasem Kak Hj. Lia Hatriani, S. Pd. MM. Pd. LT, beliau berpesan agar Pelaksanaan Musyawarah Gugus Depan adalah diikuti oleh semua peserta musyawarah agar menghasilkan kepengurusan dan program yang tentunya bisa menjadikan Gugus Depan Unggul, khususnya di Kwarran Ciasem

    Dalam pemilihan ketua Gudep untuk periode 2023-2026 dipilih secara mufakat adalah Kak Asep Awaludin, S.Pd.I dan akan membentuk pengurus gudep selambatnya s.d tgl 16 Februari 2023 untuk segera diajukan ke Kwarran. 

    Berdasarkan hasil sidang komisi, dimufakati bahwasanya untuk agenda kerja dalam 3 tahun antara lain :

    1. PGP untuk calon peserta didik baru

    2. Penerimaan Tamu Ambalan

    3. Penempuhan SKU Bantara dan Laksana 

    4. Penempuhan SKK

    5. Penempuhan Penegak Garuda

    6. Melakukan studi tiru ke Pangkalan yang lebih baik pembinaan Pramuka-nya

    7. Mengikuti kegiatan bagi Pembina dalam lingkup Ranting, Cabang, Daerah ataupun Nasional

    8. Mengikuti Kursus Mahir bagi pembina 

    9. Mengadakan lomba untuk peserta didik penggalang di lingkungan SMK

    10. Mengadakan Perkemahan baik di lingkungan sekolah ataupun luar 

    11. Mengadakan latihan rutin setiap minggunya

    12. Mengadakan iuran dari para pembina gugus depan sebesar 10rb rupiah setiap bulannya.

    2 komentar:

    1. Punteun kak, bukannya mugus itu 3 tahun sekali ya? Tapi kok di situ tulisannya 2 tahun sekali, sedangkan di alinea di bawahnya yang terpilih jadi ketua gudep baru untuk periode 2023-2026. Jadi yang bener itu untuk mugus 2/3 tahun sekali kak? (maaf kak itu ketikan kakak banyak typo-nya). Salam Pramuka ...

      BalasHapus
    2. Salam...Terima kasih koreksinya kk, emang 3 tahun sekali kk, sama dengan kwartir ranting masa bakti dari gugus depan,

      BalasHapus

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    INOVASI DAN TEKNOLOGI KWARCAB SUBANG
    ABDIMAS KOMINFO DIVITION