• Breaking News

    Gandeng Kwarda Aceh, BPOM Bina Pramuka Melalui Saka POM

     


    Gerakan Pramuka Kwartir Daerah (Kwarda) Aceh dan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Aceh gelar orientasi Satuan Karya Pramuka bagi calon Pamong Saka POM di Banda Aceh, Kamis (2/3/2023).

    Kegiatan bertajuk penguatan kemitraan Pramuka dengan lembaga atau instansi Pengampu Saka rintisan BPOM tersebut, diharapkan menjadi bagian dari dimulainya pembinaan peserta didik Pramuka peminat bidang pengawasan obat dan makanan di provinsi Aceh.

    Kita sedang mengupayakan terpenuhinya struktur organisasi Saka POM pada tingkat masing-masing, harapan kita Saka yang masih rintisan ini bisa diresmikan pada MUNAS ke XI 2023 nanti oleh Kwartir Nasional (Kwarnas).

    "Orientasi ini juga sebagai bagian dari bagaimana menciptakan Satuan Karya (SAKA) binaan BPOM Aceh yang aktif berkontribusi melakukan kegiatan-kegiatan berbasis pengawasan obat dan makanan, bersama peserta didik Pramuka peminat Saka POM dalam rangka ikut serta membangun masyarakat," ujar Kepala BPOM Aceh, Yudi Noviandi.

    Ketua Kwarda Aceh, H Muzakir Manaf melalui Ketua Harian Kwarda Aceh, Ir H Djufri Efendi MSi, saat mengisi kegiatan orientasi Satuan Karya Pramuka rintisan BPOM itu mengatakan bahwa pihaknya sudah MOU dengan BPOM sejak 2019.

    Komitmen antara Gerakan Pramuka dan BPOM, kata dia, dilakukan sebagai mitra kerja dalam membina generasi muda melalui rintisan Satuan Karya (Saka) POM. 

    Ia menjelaskan, Pangkalan Saka POM merupakan wadah bagi adik-adik Pramuka yang berminat di bidang obat dan makanan dapat menjadi agen perubahan di masyarakat dan membantu tugas BPOM mengedukasi serta sosialisasikan keamanan pangan.

    "Satuan Karya POM, saat ini berfokus pada pembinaan anggota pramuka usia penegak pandega melalui Krida pengujian sederhana obat dan makanan, Krida pemantauan obat dan makanan, dan Krida informasi obat dan makanan," katanya.

    Orientasi yang diprakarsai BPOM Aceh itu berlangsung pagi hingga sore. Kegiatan ini difasilitasi materinya oleh Ketua Majelis Bimbingan Saka POM Aceh, Yudi Noviandi, Ketua Harian Kwarda Aceh, Djufri Efendi MSi.

    Kemudian, Kepala Pusdiklatda Kwarda Aceh Kakak Hermanto SP, dan Andalan Urusan Saka Kwarda Aceh, Awaluddin. Peserta Orientasi terdiri puluhan pembina pramuka, pamong saka dan calon pamong saka POM Se Aceh.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728
    INOVASI DAN TEKNOLOGI KWARCAB SUBANG
    ABDIMAS KOMINFO DIVITION